Kamis, 01 Oktober 2015

Cara Root Sony Xperia M2 Series OS 5.1.1 (Unlocked BL)

AndroPC Center- Tak lengkap rasanya jika suatu device Android tidak di ROOT, kita tidak bisa mendapatkan akses secara penuh terhadap hp kita sendiri, terlebih jika device kita yang hanya memiliki internal 8GB yang sudah di upgrade OSnya menjadi Lollipop, pasti sisa memori internalnya akan sangat dikit sekali, maka dari itu saya membuat tutorial ini yang di ambil langsung dari sumbernya di XDA Developer.

Screenshot by Mochamad Faizal



Bahan tempurnya :
1. File ftf untuk mengupgrade bootloader; klik DISINI untuk mendownload
2. ADB Pack; klik DISINI ountuk mendownload
3. TWRP untuk unlocked bootloaders by erikcas; klik DISINI untuk mendownload
4. Ric disabler by Aleksj; klik DISINI untuk mendownload

Langkah-langkahnya :
1. Pastikan sobat sudah menggunakan OS Lollipop 5.1.1, jika sudah, upgrade bootloader sobat menggunakan file ftf yang telah didownload tadi.
2. Sekarang masuk ke pengaturan > info > tentang handphone dan tap pada build number 7 hingga 8 kali, hal ini akan memunculkan menu pilihan pengembang pada pengaturan handphone sobat, tekan tombol back dan masuk ke pilihan pengembang dan ceklis pada bagian USB debugging, lalu matikan handphone sobat.
3. extract ADB Pack ke desktop agar mudah dan rename foldernya menjadi adbpack, lalu copy TWRP ke folder adbpack.
4. masuk ke mode fasboot caranya tekan sambung handphone ke pc/laptop sambil menekan tombol vol up sampai LED berwarna biru.
5. sekarang klik Win+R ( logo windows ) lalu ketik CMD di run , jika sudah keluar cmd ketik
[ cd C:\Users\linuxct\Desktop\adbpack\ ] biasanya beda tempat, jadi sesuaikan aja, masuk ke data C masuk ke user, cari desktop copy addresnya.
6. setelah seperti gambar lagi ketik [ fastboot flash recovery recovery.img ] nanti akan terlihan seperti ini jika berhasil ada tulisan finnised kurang lebih 1 menit
7. cabut hh kabel dari pc, lalu tekan bersamaan [vol- dan power] sampai bergetar, jika muncul logo sony besar berhenti tekan volume down dan power secara bersamaan.
8. maka akan masuk ke TWRP, setelah beberapa saat ada di dialog, abaikan saja lalu slide it to allow modifications lalu pilih reboot dan pilih sytem, jika muncul pertanyaan you want to root your device, lalu slide lagi
9. lalu hh akan rebot, lalu di app drawer ada SuperSU installer buka dan pilih play, lalu masuk ke playstore terus update dahh
10. jika sudah update jangan di buka dan jangan update SUbinary, extrack RIC Disable yg di download tadi lalu pilih " instal.bat" terus konekin hh ente ke pc dalam keadan menyala dan usb debugging tetap aktip, nanti di hp ada muncul dialog dari super user dan pilih ' Grant "
11. stelah beberapa saat, jika selesai di CMD ada tulisan " Press Any Key To Continue " cabut handphone sobat dari komputer, lalu buka superuser, dan update su binary, pilih normal metode.

Selamat, kini Handphone Sony Xperia M2 series OS Lollipop sudah memiliki akses ROOT !

Thanks to :
Allah SWT
XDA Developers
Member of Sony Xperia M2 Series Groups